-->

Malware, Spyware dan Virus Komputer - Pengertian, Penyebab, dan Cara Mencegah


Dalam perkembangan dunia teknologi, semakin banyaknya inovasi yang diciptakan untuk semakin memudahkan kehidupan manusia terutama mengenai perkembangan gadget komputer atau laptop yang sedang anda gunakan. Dalam menggunakan teknologi ini manusia harus lebih pintar memanfaatkan perkembangan teknologi ini secara bijak agar tidak terjerumus kedalam lembah kejahatan yang bisa digunakan melalui  dunia digital sebagai media dan sarana melakukan praktik kejahatan itu sendiri.

Pada kejahatan dalam dunia digital itu sendiri memiliki banyak variasi dari yang berskala individu sampai yang mengancam berbagai semua kelompok, dalam dunia internet sendiri pada zaman sekarang selain semakin canggihnya teknologi juga semakin banyaknya ancaman yang mengancam data maupun identitas milik pribadi ataupun hanya sekedar ingin merusak perangkat yang sedang kita pakai,  yang dilakukan oleh sekelompok orang yang sangat tidak bertanggung jawab, oleh karena itu anda harus mengetahui ancaman apa saja yang bisa mengancam data pribadi anda yang terhubung melalui komputer ataupun handphone.




Ancaman itu sendiri dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Malware

Malware atau Malicious Software adalah program yang dirancang sedemikian rupa  dan memiliki tujuan untuk merusak melalui menyusup kedalam sistem komputer. Malware itu dapat masuk melalui email, download melalui internet, atau melalui program aplikasi yang sudah terinfeksi.

Malware dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem komputer dan bisa juga mengambil atau membajak data atau informasi yang ada pada suatu perangkat yang telah terinfeksi.

Apa yang menyebabkan Malware dapat masuk ke sistem komputer kita?

Malware itu sendiri bisa saja masuk kedalam sistem komputer milik kita karena segala aktivitas yang kita lakukan memang secara illegal misalnya ketika anda mendownload aplikasi yang bukan original dari situs developer aplikasi ataupun pernah mengunjungi situs yang tidak jelas keamanannya.

Bagaimana cara mencegah masuknya Malware?

Jika kita seuda mengetahui penyebab dari masuknya sebuah malware kita juga harus bisa mencegah agar malware tersebut tidak masuk kedalam sistem komputer milik kita, caranya cukup mudah yaitu dengan menggunan akases internet dengan antimalware yang di pasang pada perangkat milik kita> Dan yang harus anda ingat meskipun sudah menggunakan antimalware dan sejenisnya jangan membiasakan browsing ke situs yang tidak memiliki sertifikasi pengaman atau keamanan yang tidak jelas, serta jangan menginsatall aplikasi yang tidak terpercaya ataupun bajakan, karena bisa saja aplikasi yang kita dapat yang bukan dari situs asli atau terpercaya telah melalui tahap penginfeksian sejumlah malware guna merasuki sistem komputer kita.



Baca Juga :  4 Aplikasi Antivirus GRATIS Terbaik yang WAJIB Kamu Pasang


2. Spyware

Spyware adalah sejenis program yang tepasang pada sebuah sistem komputer yang bertujuan untuk mengambil data pribadi, dokumen maupun apa saja yang dianggap penting, sehingga mampu mengumpulkan informasi milik pengguna atau user pada perangkat yang digunakannya yang kemudian dikirim ke lokasi tertentu yaitu si pembuat spyware tadi.

Apa yang menyebabkan terinfeksi spyware?

Aktivitas yang spyware lakukan tentu tanpa sepengetahuan kita sebagai pengguna atau user yang telah terjangkit, oleh karena itu kita harus waspada dalam meminjamkan perangkat yang kita miliki agar tidak terkena spyware, karena bisa saja ada orang yang sengaja memasang keylogger ataupun backdoor pada perangkat kita tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.
Selain daripada itu ketika kita menginstall aplikasi yag bebas bersebaran secara cum-cuma tau aplikasi yang tidak berbayar, bisa saja aplikasi tersebut menggunakan spyware yang secara tidak sadar kita sendiri telah menyetujuinya, karena saat kita menstujui Lembar Persetujuan yang tanpa kita baca terlebih dahulu mungkin juga terdapat spyware yang tersusup.

Bagaimana mencegahnya?

Kita harus terbiasa melakukan pemindaian yang secara berkala dan terjadwal, selain daripada itu kita juga harus waspada akan orang - orang disekitar kita yang bisa saja mengincar perangkat anda untuk mengetahui akses pribadi dan data yang sangat penting.
Dan biasakanlah untuk membaca setiap Lembar persetujuan sebelum anda menggunakan aplikasi yang akan anda pasangkan.



3. Virus Komputer

Virus Komputer adalah sebuah program yang dapat merusak suatu file atau program pada sistem komputer, virus juga bisa menyebarluaskan dirinya ke berbagai tujuan. virus komputer sendiri tidak dapat bekerja dengan sendirinya karena virus dapat dikendalikan oleh pengguna pada perangkat  yang terjangkit tanpa si pengguna sadari.


Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Performa Laptop


Apa penyebab terjangkitnya virus?

Virus komputer penyebarannya itu sangat beragam, dari yang online sampai offline pun masih bisa terjangkit yang namanya virus, oleh karena itu kita harus hati-hati dalam menggunakan perangkat yang kita miliki saat ini. karena virus komputer ini bisa tersebar melalui kontak secara langsung melalui  media penyimpanan seperti flashdisk, Memmory Card maupun SSD.
Selain kontak secara langsung, ada juga penyebarannya melalui internet, yaitu dengan sebuah situs yang secara sengaja disisipi sebuah virus ataupun aplikasi yang gratis dan bajakan yeng telah disengaja ditanamkan sebuah virus.





Cara Mencegahnya adalah :


Gunakan selalu software antivirus yang selama ini menjadi yang terbaik dan terpercaya oleh seluruh pengguna komputer atau perangkat lainnya, karena bisa sajajika kita menginstall software aplikasi antivirus sembarangan bukannya mencegah malah terinsfeksinya perangkat kita oleh virus itu sendiri.
Setelah menggunakan antivirus anda juga harus rajin memperbarui antivirus, karena dengan mengupdate antivirus sistem pertahanan yang kita miliki akan semakin kauat dan tidak dapat ditembus oleh virus yang sudah lama.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel