-->

Cara Mengatasi Auto Rotation Tidak Berfungsi


Auto rotate adalah salah satu fitur yang umum pada sebuah android dimana fungsinya sebagai penyesuai tampilan layar apakah landscape atau portrait sesuai dengan arah miring atau hadap suatu smartphone tersebut. umumnya autorotate ini digunakan pada saat memainkan sebuah game dalam handphone, memutar video  jadi bagaimana jika fungsi tersebut tidak berjalan dengan normal.


Bagaimana jika Android tidak bisa merotasi layar?

Pada dasarnya, fitur rotasi layar ini menggunakan sensor accelerometer untuk mengetahui
gerakan tangan dan arah hadap dari sebuah smartphone yang dilakukan oleh pengguna saat membalikkan smartphone. Sensor ini akan terus bekerja meskipun kita tidak mengaktifkannya. Pada saat auto rotate Android tidak berfungsi, maka tampilan pun tidak akan berpindah dari mode portrait ke mode landscape sehingga menyulitkan kita untuk melakukan aktivitas pada smartphone anda.

Penyebab Auto Rotate Android Tidak Berfungsi

Penyebab Android tidak bisa merotasi layar bisa terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya karena kita telah memasang custom ROM yang tidak kompatibel dengan spesifikasi smartphone kita, melakukan otoritas root sehingga mengakibatkan kerusakan pada sensor accelerometer ini sendiri. Lalu bagaimana cara memperbaiki Auto Rotate Android tidak berfungis ini?




Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

Jenis error yang bisa terjadi pun bisa beragam, diantaranya fitur auto rotate layar Android sering
aktif sendiri atau pun sebaliknya ia tidak bisa diaktifkan. Jadi pada penjelasan ini saya tidak hanya
akan memberikan solusi mengatasi auto rotate Android tidak berfungsi saja, melainkan
kemungkinan eror lain yang terjadi pun bisa diatasi. Pastikan Anda telah mengaktifkan rotasi layar
dari pengaturan atau dari panel jalan pintas pada bar.

1. Test Sensor Accelerometer.

Pada setiap merk smartphone entah itu dari Samsung galaxy, Lenovo, Xiaomi, Smartfren, Andromax, Oppo, ASUS, Sony Xperia, Nexus, Vivo, Advan dan yang lainnya biasanya memiliki kode rahasia untuk menguji sensor accelerometer. Contohnya pada samsung galaxy menggunakan kode *#0#*, masuk ke menu Telepon lalu ketikan kode rahasia tersebut, selanjutnya tap tombol Sensor dan pilih accelerometer kemudian lihat apakah ada pergerakan atau tidak. Jika Accelerometer tidak berfungsi, anda harus waspada akan masalah ini.


2. Bersihkan Cache Smartphone.

Setelah anda selesai menguji sensor Accelerometer, selanjutnya adalah membersihkan cache atau file sampah yang telah terkumpul akibat dari history atau aktivitas yang dilakukan oleh anda pada smartphone anda, tujuannya adalah untuk membersihkan memory yang bisa saja menjadi salah satu penyebab  terjadinya Auto Rotation tidak berfungsi.

3.  Reboot Smartphone anda.

Setelah kedua cara di atas masih saja belum mempan, selanjutnya anda coba dulu untuk me reboot dengan cara matikan daya terlebih dahulu, lalu  lepas baterai, simcard dan memory card yang anda gunakan, setelah sema dilepaskan, diamkan terlebih dahulu selama beberapa detik, lalu pasang kembali baterai, simcard dan memmory card nya, silahkan anda hidupkan dan coba untuk menyalakan auto rotate nya. 

4. Gunakan Aplikasi.

Silahkan anada gunakan aplikasi Ultimate Rotation Control  yang bisa Anda gunakan untuk memaksa layar Android untuk berotasi ketika mengalami error. Artinya, kita bisa memaksa smartphone untuk menampilkan rotasi secara otomastis atau bahkan memaksa hanya pada satu mode lanscape dan portrait. Anda bisa memasang aplikasi ini di Playstore. .

5. Factory Reset / Flash

Cara terakhir untuk mengatasi auto rotate Android tidak berfungsi adalah dengan melakukan
factory reset. Tujuannya adalah untuk mengembalikan sistem dan pengaturan seperti saat Anda
pertama kali baru membeli smartphone tersebut. Manfaat dari factory reset ini akan memperbaiki
sensor accelerometer yang telah mengalami kerusakan sistem dan error. Dan jika setelah anda melakukan Factory reset tetap saja, masalahnya ada pada ROM yang anda gunakan, jadi solusinya anda harus mengganti ulang ROM smartphone anda ke versi yang kompatibel atau cocok.


Kesimpulannya, pastikan Anda mengaktifkan fitur auto rotate dan menguji sensor accelerometer
untuk mengetahui apakah ia masih bekerja atau tidak. Jika Ada telah menerapkan Cara Mengatasi
Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi diatas tetapi masih tetap tidak bergerak. Anda bisa
memperbaikinya ke service center terdekat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel