-->

Apa itu Hardware dan Software pada Komputer?

Istilah Hardware dan Software mungkin bagi orang yang baru belajar tentang komputer merasa sedikit kebingungan, apa yang dimaksud dengan hardware dan software sebenarnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bersama dan belajar bersama anda apa itu software dan hardware pada komputer yang istilah ini sangat seriing kita dengar pada perkembangan teknologi zaman sekarang yang semakin pesat kemajuannya.


Apa itu Software?

Software adalah perangkat lunak yang berbentuk non fiskik yang terbentuk dari sebuah sistem pemrograman untuk menghasilkan aplikasi dan secara teratur yang berfungsi sebagai pengelola jalannya suatu perangkat keras seperti komputer agar dapat berjalan dengan semestinya. Software merupakan komponen terpenting yang ada dalam sebuah perangkat komputer. 

Dari penejelasan diatas apakah anda sudah mengerti apa yang dimaskud dengan software? jika sudah mari kita lanjutkan dan mulai mengenal berbagai macam software yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari melalui komputer anda yang sudah ada maupun software yang belum anda pasang.

Contoh Macam-macam Software :


  1.  Software pengolah data : Microsoft Office (Excel, Word, Power Point)
  2.  Software pemutar mp3 : Windows Media Player, AIMP3
  3.  Software pemutar video  :  GOM player
Dari contoh diatas mungkin anda sudah mulai faham apa itu software, begitulah software yaitu perangkat yang tidak terlihat secara fisik, namun memiliki kegunaan khusus yang disebut dengan aplikasi seperti ini yang dinamakan software.



Baca Juga : Peneybab Android Yang Bootloop dan Cara Mengatasinya


Apa itu Hardware Komputer?


Hardware atau perangkat keras komputer yang berbentuk fisik dan dapat dilihat, diraba secara fisik. Hardware berfungsi sebagai komponen penyusun utama dari sebuah komputer memiliki berbagai fungsi dan peran yang berbeda beda.



Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa hardware berbeda dengan software dari segi fisik. Selanjutnya mari kita kenali berbagai contoh hardware yang ada pada komputer.

1. Monitor
Monitor memiliki fungsi sebagai perangkat keras yang mengeluarkan hasil dari proses yang menampilkan hasil secara visual.


2. Keyboard


Keyboard memiliki fungsi untuk memasukkan perintah yang kita inginkan, yang berisikan huruf, simbol dan angka, serta fungsi tertentu.

Contoh di atas hanya sedikit tetapi mungkin Anda bisa memahami inti dari pengertian software dan hardware komputer. Terimakasih semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel