-->

7 Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis (Nge-Drop)

Handphone pada saat ini tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi saja, banyak yang menggunakan handphone ini juga untuk sarana hiburan pada saat jenuh di rumah dengan menonton video, memainkan permainan atau untuk mendengarkan musik.
Namun terkadang ada saja masalah yang kita temui pada saat jenuh dan sedang asyik asyiknya memainkan handphone namun tiba - tiba saja baterai handphone cepat habis atau biasa yang sering kita sebut dengan Baterai Nge-Drop. tentu hal tersebut sangat menjengkelakn karena baterai tidak bekerja sesuai dengan kapasitas yang sudah ditetapkan.

Nah, untuk mengatasi hal itu alangkah baiknya anda membaca artikel ini sampai habis karena bisa membantu anda dalam mengatasi masalah pada baterai handphone anda. yang harus anda ketahui adalah apa penyebabnya terlebih dahulu sehingga baterai yang ada pada smartphone kita tidak bekerja dengan normal.


Penyebab Baterai Cepat Habis :

  • Sering Overload atau terlalu memaksakan menggunakan handphone ketika baterai handphone anda sudah lemah, biasanya hal ini menjadi penyebab paling Fatal yang harus anda hindari, karena seharusnya jika sudah terdapat peringatan Low Batt atau baterai lemah searusnya anda mengisi terlebih dahulu daya baterai. Oleh karen itu jangan terlalu memaksakan penggunaan handphone sampai  kapasitas daya habis atau 0% sehingga handphone Mati.
  • Intensitas cahaya atau yang biasa kita sebut Kecerahan layar, perlu anda ketahui intensitas cahaya juga sangat berpengaruh pada penggunaan daya baterai, semakin terang intensitas cahaya yang anda gunakan maka akan semakin boros penggunaan daya baterai anda.
  • Tidak menggunakan charger atau pengisi daya yang sesuai bawaan atau original dari merek handphone anda, hal ini juga salah satu penyebab yang tidak anda sadari. Karena pada saat kita membeli handphone yang  baru pasti ada panduan untuk jangan menggunakan charger yang tidak sesuai bawaan atau tidak original, karena daya yang dikeluarkan oleh charger yang bukan original bisa saja berbeda sehingga berakibat buruk pada baterai handphone kita.
  •   Menggunakan handphone untuk bermain game online yang berat seperti game yang memiliki kualitas grafis yang tinggi dan penuh gerakan animasi, sering kali ini penyebab utama yang tidak anda sadari, terlalu asyik bermain game yang berat dan juga menggunakan koneksi sehingga handphone anda bekerja keras dan memakan banyak daya, jadi jangan heran kenapa game online yang ada pada saat ini yang anda mainkan memakan daya baterai lebih cepat.

Nah, itulah penyebab utama dari cepat habisnya baterai handphone anda, seringkali penyebeb diatas tidak kita ketahui atau tidak kita sadari selama ini. Sekarang anda sudah mengetahui apa penyebabnya bukan? oke langsung saja kita bahas bagaimana cara mengatasi baterai yang cepat habis ini.


Baca Juga : Cara Meningkatkan Performa Handphone agar tidak Ngelag




Cara Mengatasi Baterai Handphone yang cepat Habis atau Nge-drop


Pada dasarnya penggunaan baterai yag sering cepat habisnya dapat kita hemat lebih lama lagi dengan teratur serta rutin melakukan hal berikut.

1. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Seringkali kita lupa untuk mematikan kembali fitur yang tidak digunakan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, Data Seluler, ataupun Tethering Hotspot. Jadi mulai dari sekarang ingat selalu untuk mematikan kembali fitur yang sedang tidak anda gunkan. karena fitur itu memanfaatkan daya handphone anda, sama saja seperti menjalankan aplikasi pada biasanya.


2.  Atur Pencahayaan

Tadi anda sudah mengetahui apa penyebab dari cepat habisnya baterai, ya salah satunya soal pencahayaan, gunakan pencaayaan yang redup saat anda berada di tempat yang gelap, serta gunakan cahaya yang terang apabila anda sedang berada diluar ruangan, sedikit saran dari saya, gunakan 10% saja pada saat di dalam ruangann dan 70% tingkat kecerahan apabila anda di luar ruangan.

3.  Atur fitur  Getaran

Fitur getar ini juga memakan daya tanpa kita sadari, matikan saja fitur getar dan gunakan saja mode diam atau silent untuk menghemat penggunaan banyak daya.

4.  Atur Screen Timeout atau Waktu habis layar

Masa habis waktu silahkan anda atur ke tempo yang cepat sekitar 5-10 detik agar waktu layar menyala tidak terlalu lama pada saat digunakan.

5. Matikan fitur Auto

Fitur auto ini seperti yang kita ketahui, fitur ini akan berjalan secara otomatis tanpa harus menunggu perintah dari kita, sehingga bisa menggunakan daya baterai yang cukup lumayan pada handphone kita, matikan saja fitur auto ini seperti Auto Sync dan juga Auto Update.

6. Gunakan Fitur Power Saving Mode

Bagi anda yang memiliki handphone terbaru tentunya sekarang sudah ada inovasi dari berbagai macam merek handphone terbaru yaitu adanya fitur power saving atau penghemat daya otomatis.

7.  Jangan Menggunakan wallpaper Terang dan Bergerak

intensitas cahaya pada wallpaper juga seperti pada sebelumnya, saran dari saya gunakan saja wallpaper yang tidak terlalu terang dan jangan gunakan  wallpaper yang bergerak atau menggunakan animasi.



Baca Juga : Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke Handphone Baru, Mudah dan Cepat




Baiklah, itulah 7 Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis atau yang sering kita sebut nge-drop ya, cara diatas sudah pasti dapat membantu anda dalam lebih menghemat baterai.
Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel