-->

Peneybab Android Yang Bootloop dan Cara Mengatasinya

Bootloop merupakan suatu masalah pada perangkat lunak pada suatu handphone yang biasanya pada banyak kasus ditandai dengan gagal masuknya sesi android ke launcher dan hanya berhenti pada Logo saja, oleh karena itu hal ini seringkali menjadi masalah yang serius pada setiap orang yang menggunakan handphone yang ngasal dan seringkali menginstall berbagai macam aplikasi yang tidak jelas keamanannya.
Bootloop ini juga memiliki dua macam yang harus anda ketahui sebelum bertindak.


Pertama ada bootloop ringan, bootloop jenis ini hanya bersifat mendadak dan kadang-kadang bisa sembuh kembali untuk beberapa waktu, sehingga kejadiannya sering tak terduga dan bisa membuat para pengguna resah dan tak tahu harus bagaimana. Dalam kondisi Bootloop ringan seperti ini hindari aplikasi yang menggunakan banyak RAM dan jangan banyak menjalankan aplikasi agar Bootloop tidak semakin parah. Secara garis besar. bootloop seperti ini disebabkan :


  1. Banyaknya aplikasi dan proses yang berjalan di belakang layar
  2. Kapasitas processor yang sudah tidak kuat lagi karena terlalu banyak proses
  3. Memmory yang sudah penuh dan tetap saja di biarkan.
Kedua, Bootloop parah atau Hard Bootloop, kondisi bootloop seperti ini tidak akan bisa teratasi meskipun tetap mencoba berulang ulang dengan mematikan dan menghidupkan lagi handphone anda, tetap saja akan terhenti prosesnya pada logo merek handphone yang anda pakai.  Karena itu gunakan handphone anda sewajarnya dan sesuai kapasitas saja, jangan mencoba memasang aplikasi yang aneh aneh apalagi anda tidak mengetahui secara jelas apa kegunaan dan manfaat dari memasang aplikasi yang anda gunakan. secara logika, bootloop seperti ini biasanya disebabkan oleh :


  1.  Gagalnya proses root pada Handphone
  2. Terlalu memaksa penggunaan handphone yang tidak sesuai kapasitas
  3. Karena adanya aplikasi yang membahayakan

Baca Juga :3 Aplikasi Internet Gratis paling Joss, NO HOAX!



Setelah kita mengetahui apa penyebab dan jenis bootloop yang sedang handphone anda alami selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya, jangan sampai anda mengambil tindakan tanpa pengetahuan yang anda miliki, bisa saja berakibat buruk pada handphone anda dan tidak bisa diperbaiki untuk digunakan kembali.

Ada dua cara alternatif untuk mengatasi masalah pada bootloop ini, silahkan pilih  cara yang pertama dan jika masih tidak bisa teratasi gunakan cara kedua.


1. Factory Reset

Factory reset adalah mengembalikan kondisi perangkat lunak dan sistem yang telah anda gunakan ke versi pertama kali pabrik mendistribuikan handphone tersebut, secara handphone anda akan seperti baru secara perangkat lunak. Dari kebanyakan merek handphone untuk melakukan reset ke versi pabrik ini sangat mudah, yaitu :
  1. Masuk ke Recovery Mode pada handphone anda, biasanya mayoritas segala merek handphone menggunakan tombol Volume Down + Power untuk masuk ke Recovery Mode.
  2. pilih Wipe Data / Factory reset, gunakan tombol volume untuk memindahkan pointer dan gunakan tombol Home untuk Memilih.
  3. Kemudian pilih Yes, dellete all user data untuk mereset ke pengaturan pabrik.
  4. Setelah proses Reset selesai, silahkan restart kembali handphone anda, dan lihat bagaimana hasilnya.

2. Flashing ROM

Flashing adalah suatu cara untuk mengganti ROM handphone anda, ROM inilah yang mengakibatkan Bootloop karena ada kesalahan pada ROM anda dan mengharuskan diganti sebisa mungkin dengan versi ROM yang sesuai dengan handphone anda, karena jika tidak sesuai tentu sama saja tiak akan kembali normal handphone anda. Biasanya untuk flash ROM handphone anda harus mengunduh ROM versi handphone anda dan bisa memulai flasing dengan menggukanakn PC atau Laptop.




Baca Juga : Cara Menduplikasi Aplikasi Tanpa Root - Kloning Aplikasi



Itulah berbagai penyebab dari bootloop dan bagaimana cara mengatasinya, gunakan selalu handphone anda dengan bijak dan secara hati-hati guna melindungi perangkat lunak handphone anda dari berbagai macam virus yang tersebar dari duna internet.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel