-->

Cara Meningkatkan Performa Handphone agar tidak Ngelag

Pengguna handphone pada saat ini memang semakin banyak karena semakin berkembangnya teknologi terbarukan, setiap orang mulai dari kalangan orang tua atau hingga remaja bahkan anak-anak sekalipun sudah bergantung hidupnya pada handphone itu sendiri, namun bagaimana jika handphone anda sekarang malah sering ngeleg atau merasa macet dan berat. Tentu ada sebab dari hal tersebut, oleh karena itu mari kita analisa apa masalahnya.



1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting


Selama ini mungkin tanpa anda sadari banyak aplikasi yang tidak terlalu penting pada smarrtphone anda, apalagi jika anda baru saja menggunakan handphone yang baru saja anda beli, pasti lebih banyak aplikasi yang tidak berguna yang secara otomatis terpasang pada handphone anda, aplikasi inilah yang menjadi penyebab memmory internal dan juga RAM anda penuh, jika RAM sudah penuh, tentunya handphone anda akan terasa lambat pasa saat digunakan.


2. Nonaktifkan Bloatware


Bloatware  adalah apikasi bawaan dari pabrik yang terpasang pada handphone anda namunn tidak bisa dicopot atau uninstall, namun bloatware bisa anda nonaktifkan dengan cara masuk ke pengaturan, lalu pilih aplikasi bloatware mana saja yang akan di nonaktifkan lalu pilih nonaktifkan aplikasi.



3. Hapuslah Widget yang Sudah Tidak Terpakai


Jangan terlalu banyak menggunakan widget aplikasi yang sekiranay tidak penting, hal ini juga mempengaruhi performa handphone kita, gunakann saja wallpaper yang warnanya agak gelap agar membantu meringankan tampilan layar anda.



4. Matikan Koneksi Data saat Tidak Digunakan


Gunakanlah koneksi data pada saat anda ingin benar-benar menggunakan data seluler, jika tidak digunakan jangan lupa untuk mematikan data seluler anda, karena koneksi data ini sangat berpengaruh dengan performa baterai, apalagi ketika sedang dicharge, akan terasa cepat apabila anda mematikan koneksi data.



5. Jangan Gunakan Animasi


Penggunaan animasi pada ponsel memang memanjakan mata, namun cukup mengkonsumsi RAM. Animasi dapat di nonaktifkan melalui pengaturan layar.


6. Hapus Junk Files / File Sampah


File sampah merpakan file bekas anda melakukan segala aktivitas pada media sosial ataupun yang lainnya, biasanya setiap handphone selalu ada saja file sampah ini, inilah yang seringkali pengguna tak sadari karena mengakibatkan penuhnya memmory internal anda, biasanya handphone terkini memiliki aplikasi bawaan untuk menghapus file sampah ini, jika pada handphone anda tidak ada, anda bisa gunakan aplikasi semacam Master Clean atau  CC Cleaner yang bisa anda unduh di playstore.


7. Matikan atau Kurangi Fitur Auto-sync


Fitur ini memang sangat berguna pada saat kita mengaktifkannya, semua akun yang terdaftar pada handphone kita akan otomatis memberikan pemberitahuan apabila ada pesan masuk atau pemberitahuan lainnya, contohnya pada akun Gmail, Facebook atau media sosial yang lainnya. Fitur ini memang memakan baterai karena aplikasi yang menggunakan fitur ini berjalan dibelakang layar


8. Reset ke Pengaturan Pabrik


Nah jika semua cara diatas telah anda lakukan, dan hasilnya nihil. maka jurus terakhir yang harus anda lakukan ialah mereset ulang pengaturan handphone anda ke awal, dengan cara ini dijamin performa handphone anda akan kembali normal, namun sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik ini jangan lupa untuk melakukan backup data.



Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Suara Pada Saat Mengetik di Keyboard Android



Nah, begitulah kira-kira agar handphone kita tidak mengalami macet atau ngeleg pada saat digunakan, serta bisa menghemat baterai karena semua tergantung bagaimana anda menggunakan handphone anda sebaik mungkin. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel